Saham GOTO Internasional - Gojek - Tokopedia

Tags

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (ditulis sebagai GoTo) adalah perusahaan ekosistem digital berbasis teknologi Indonesia yang terbentuk dari penggabungan  Gojek dan Tokopedia. Berkantor pusat di Jakarta, GoTo merupakan salah satu dari lima besar perusahaan berdasarkan kapitalisasi pasar  di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 452 triliun per 11 April 2022. GoTo memiliki tiga lini bisnis utama yaitu On-Demand Service), E-Commerce/E-Commerce (E-Commerce) dan Fintech (Fintech). 

 

GoTo dimulai sebagai perusahaan  transportasi online dengan nama badan hukum PT Aplikasi Karya Anak Bangsa dengan menggunakan merek Gojek. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi GoTo setelah bergabung dengan Tokopedia,  salah satu marketplace online terbesar di Indonesia, pada tahun 2021.GoTo menawarkan layanan seperti kendaraan roda dua (GoRide), kendaraan roda empat (GoCar), layanan logistik sesuai permintaan (GoSend), lokasi pasar (Tokopedia). Selain itu, ada Goto Financial yang menaungi pembayaran digital (GoPay), kasir berbasis cloud (MokaPOS), dan payment gateway (Midtrans). 

 

Pada tahun 2022, GoTo akan menjadi perusahaan Dekacorn pertama yang menjadi perusahaan publik di  Asia Tenggara dengan IPO Rp 15,8 triliun (kira-kira IPO terbesar GoTo  di Indonesia, terbesar ketiga di Asia dan terbesar kelima di dunia). Januari-April 2022.